-->

Monday, September 13, 2010

Membuat HOTSPOT tanpa router (Windows XP)


Membuat HOTSPOT tanpa router
(Windows XP)
Jaringan nirkabel sangat membantu karena jaringan ini dapat menghubungkan anda menggunakan komputer dan terhubung ke Internet di manapun di rumah Anda atau kantor. Namun, sebagian besar jaringan nirkabel menggunakan router nirkabel, yang harganya masih cukup mahal. Jika Anda memiliki lebih dari satu komputer, dan anda dapat mengkonfigurasi jaringan nirkabel tanpa membeli router nirkabel dan tentu saja anda dapat menghemat uang dan bisa digunakan untuk membeli keperluan yang lain misalnya beli cendol dll. Dalam sebuah jaringan nirkabel tradisional, sebuah router nirkabel bertindak sebagai base station, mirip dengan stasiun pangkalan untuk telepon tanpa kabel. Semua komunikasi nirkabel melalui router nirkabel, yang memungkinkan komputer terdekat untuk terhubung ke Internet satu sama lain. Nama system jaringan ini disebut Ad Hoc (sebagian orang menyebutkan PC ke PC communication).

 
 
Jaringan Ad hoc nirkabel kerjanya mirip walkie-talkie karena masing-masing computer (satu atau lebih) berkomunikasi secara langsung tanpa melalui alat lain, misalnya server/operator. Dengan mengaktifkan ICS (Internet Connection Sharing) disalah satu computer maka kamu dapat mensharing internet ini ke computer lain, bisa disebut sebagai Hot Spot.


 
jaringan Ad hoc tampaknya seperti  jauh lebih cerdas karena dapat menggantikan peran router, tetapi tetap memiliki beberapa kelemahan:

  • Jika komputer terhubung ke internet ditutup, semua komputer yang merupakan bagian dari jaringan ad hoc kehilangan akses Internet mereka.
  • Untuk menghubungkan ke Internet, satu komputer selalu membutuhkan sambungan jaringan kabel.

Untuk menghubungkan komputer Anda ke Internet menggunakan jaringan ad hoc nirkabel, ikuti langkah-langkah selanjutnya nanti (digambarkan dengan lebih rinci nanti dalam artikel ini):

  1. Aktifkan Internet Connection Sharing pada komputer yang tersambung ke Internet. Anda dapat mengabaikan langkah ini jika Anda tidak perlu mengakses  internet atau hanya sharing data saja
  2. Mengatur jaringan nirkabel ad hoc pada komputer yang tersambung ke Internet.
  3. Tambahkan komputer Anda yang lain ke jaringan nirkabel.

Cara mengaktifkan Internet Connection Sharing
Pada jaringan dengan router nirkabel, router memiliki tugas penting sebagai penghubung  komputer pada jaringan rumah Anda ke Internet. Pada jaringan ad hoc, Anda harus menetapkan satu komputer untuk melayani peran ini. Komputer yang Anda pilih harus memiliki koneksi kabel ke Internet, dan harus ditinggalkan di setiap kali Anda ingin dapat menggunakan komputer Anda yang lain.


Cara setup dikomputer (Komputer pertama)

Berikut ini adalah cara setup jaringan wireless Adhoc dan men-share internetnya tanpa router. Dianggap anda telah mempunyai Laptop dan telah dilengkapi WiFi dan terhubung ke Internet dengan modem (modem selular/3G) tidak dengan wifi tentunya, jika anda menggunakan PC maka anda bisa membeli Wireless adapter (bisa internal card atau sekarang banyak dijual dengan opsi USB, mirip USB Flashdisk).

1. Jika belum, Instal driver wireless anda.
1.     2. Klik START (Windows taskbar anda) lalu klik control Panel.
3klik Network and Internet Connections



4. klik Network Connections



5. Klik kanan wireless network connection, lalu Klik Properties


  6. di Wireless Network Connection Properties Klik Wireless Networks tab
7. Di  Wireless Networks tab, dibawah Preferred networks, Klik Add



8. di Wireless network properties di tab Association, ketikkan nama jaringan adhoc anda di kotak Network name (SSID)  (lihat langkah 10). Sebagai contoh nama jaringan anda MyHomeNetwork.
9. Kosongkan centang di The key is provided for me automatically dan centang di  This is a computer-to-computer (ad hoc)
10. Masukkan 13-digit password di kedua kotak Network key and Confirm network key. Dianjurkan menggabungkan beberapa karakter huruf, angka, symbol pada password anda sebagai keamanan, lalu klik OK.



11. Klik OK lagi untuk menyimpan perubahan.



Cara setup di Komputer yang lain
Jika dikomputer yang anda ingin tambahkan kejaringan tadi  tidak ada wireless adapter card nya, maka install dulu hardware dan driver nya (sama seperti computer pertama diatas), kalau semua Ok..
Windows XP secara otomatis akan langsung mendeteksi adanya jaringan wireless di Area anda yang dimunculkan dengan Notifikasi di pojok kanan taskbar windows anda



 
Sekarang hubungkan computer anda kejaringan
Note: Langkah-langkah berikut hanya berlaku untuk Windows XP, Service Pack 2 atau 3, jika belum kunjungi web Microsoft untuk meng update Windows anda sebelum menghubungkan computer anda dengan jaringan adhoc ini.

1. Klik kanan di ikon Wireless Network lalu klik View Available Wireless Networks



2. Wireless Network Connection akan muncul dengan dan memuat jaringan dengan data SSID yang dipilih tadi. Jika kamu tidak melihat jaringan tadi maka klik REFRESH Network List di pojokkiri atas lalu ulangi langkah no. 2.



3. Windows XP akan meminta key. Ketikkan dikedua kolom Network key and Confirm network key lalu klik Connect.


 
Windows XP akan menunjukkan progress selanjutnya hingga anda terhubung ke jaringan.. Setelah computer anda terhubung ke jaringan maka anda bisa menutup Wireless Network Connection window.
Ulangi ketiga langkah diatas untuk menghubungkan computer-komputer lain yang ingin masuk kejaringan Adhoc ini.
Sekarang anda bisa terkoneksi kejaringan dan siap untuk bertukar data, main game, ataupun internet..

-Jongges-



3 comments:

M03L said...

Perlu dicoba langsung. biar terbukti teorinya sah ...

: said...

Sudah berhasil di ujicoba pada game CNC Zero Hour dan Red Alert 3.. lancar...

halim inside said...

save dulu ah.. sapa tau nanti berguna... :D

Post a Comment